Sejarah Bus
·
Meskipun akrab dengan atau mungkin setiap hari
menggunakan bus sebagai alat transportasi, tidak semua orang tahu bagaimana
sejarah kendaraan besar ini. Bus berasal dari istilah Omnibus yang berarti kendaraan untuk semua. Omni, dalam bahasa Latin, artinya untuk semua.
Cikal bakal bus muncul ketika kendaraan bermotor menggantikan kuda sebagai alat
transportasi pada sekitar 1905. Saat itu, omnibus bermotor disebut autobus.Hingga saat ini, Prancis dan Inggris masih
menggunakan istilah tersebut.
Omnibus pertama dioperasikan di AS. Dimulai dengan
pelintasan Jalan Broadway di kota New York pada 1827. Seseorang bernama Abraham
Brower, merupakan pemilik pertama bisnis tersebut.Kemajuan paling penting pada omnibus adalah mobil jalanan. Mobil jalanan pertama
ditarik kuda. Yang membedakan adalah keberadaan rel baja yang diletakkan di
tengah jalan. Roda-roda mobil jalanan juga terbuat dari baja, yang dibuat
sedemikian rupa agar tidak merusak rel. Mobil jalanan pertama beroperasi di
Jalan Browery, New York. Dimiliki John Manson dan dibuat oleh seorang keturunan
Irlandia bernama John Stephenson.Ada beberapa indikasi lain yang menunjukan
bahwa bus pertama telah ada ada sejak 1662. Meski kendaraan sesungguhnya yang
ditarik kuda belum diluncurkan sampai tahun 1820-an.
Pada awalnya, bus merupakan kendaraan yang ditarik kuda, kemudian dimulai
dari tahun 1830-an bus bertenaga uap mulai ada. Seiring perkembangan zaman, bus
bertenaga mesin konvensional adalah penemuan bus troli elektronik yang
berfungsi dengan di bawah seperangkat kabel yang ada di beberapa tempat dengan
jumlah banyak.
Bus bertenaga mesin pertama muncul bersamaan
dengan perkembangan mobil. Setelah bus bertenaga mesin pertama pada tahun 1895,
berbagai macam model dikembangkan pada tahun 1900-an, sampai akhirnya tersebar
luas bentuk bus yang utuh mulai dari tahun 1950-an.Bus menjadi populer pada
awal abad 21 karena Perang Dunia I. Ketika itu, kebanyakan sarana rel
dialokasikan untuk kebutuhan perang dan banyaknya mobil pribadi, sehingga
diperlukan alat transportasi lain yang dapat mengangkut banyak penumpang.
Hingga saat ini keberadaan Bus sebagai
transportasi massal yang handal di berbagai wilayah seluruh dunia untuk
mengantarakan banyak orang dalam satu kendaraan dengan berbagai fasilitas yang
nyaman.
·
Bus di Indonesia
Bus masuk di negara Indonesia sekitar abad 19,
dengan melihat dari sejarah, maka kendaraan jenis bus ada di negara ini pada
saat Indonesia masih dijajah oleh belanda. Pada masa kolonialisme tersebut
berbagai sarana kendaraan bermotor menjadi budaya transportasi baru yang dibawa
oleh penjajah seiring dengan perkembangan revolusi industri di Eropa yang
ternyata berpengaruh di seluruh wilayah dunia. Sebagai sarana transportasi
darat yang mampu untuk mengangkut banyak orang, bus dianggap sebagai kendaraan
yang efisien serta fleksibel dalam penggunaannya seperti mobil dan motor pada
masa itu terkait dengan keberadaan sarana fasilitas jalan raya di wilayah
Indonesia.
bus dengan bodi lama
yang didatangkan langsung dari negeri asalnya, masa itu awal keberadaan
berbagai bus di Indonesia, seiring perkembangan zaman bangsa indonesia saat ini
mampu membuat bodi bus sendiri yang diproduksi oleh perusahaan karoseri, mulai
dari perancangan awal sampai dengan siap digunakan, dan merupakan suatu
kebanggaan juga ternyata bangsa kita saat ini juga mampu bersaing di bidang
industri karoseri kendaraan bermotor.
Untuk saat ini di
Indonesia bus dibagi kedalam ukuran, kelas, jenis dan jarak. Ada tiga jenis bus
berdasarkan ukuran : Bus besar, bus sedang, dan buskecil. Sedang berdasarkan
kelas ada kelas ekonomi, bisnis tanpa AC, bisnis AC, Exevutive, dan Super Executive.
Pembagian kelas-kelas Bus berdasarkan oleh
fasiltas yang disediakan oleh bus. Selain itu klasifikasi juga didasarkan pada
jarak tempuh yang dibedakan menjadi lima. Pertama, berjarak tempuh terjauh
adalah bus lintas batas Negara, belum lama ini Indonesia baru meluncurkan bus
lintas batas negara yang menghubungkan Indonesia, Malasya, Brunei Darussalam.
Rute bus tersebut adalah Pontianak (Indonesia), Kuching (Malaysia), dan Miri
(Brunei Darussalam). Ada pula bus antar kota-antar Provinsi (AKAP). Bus AKAP
adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melalui antar kota dan
kabupaten melalui antar daerah provinsi yang lain melalui bus umum yang terikat
dalam Trayek.
Lain lagi dengan bus
antar kota dalam provinsi (AKDP) yang mengangkut dari satu kota ke kota yang
lain melewati antar kabupaten tetapi masih dalam satu daerah Provinsi. Selain
itu masih ada juga bus kota yang beroperasi hanya di wilayah kota tersebut, dan
yang terakhir adalah bus pariwisata yang melayani rute sesuai pesanan tanpa
terikat jarak trayek yang ditempuh.
Dengan tersedianya
berbagai macam jenis bus yang ada di Indonesia diharapkan mampu untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat luas terhadap moda transportasi darat yang dapat digunakan
secara massal untuk berbagai kepentingan dan sebagai kendaraan umum yang lebih
fungsional, dengan berbagai manfaat yang didapatkan oleh keberadaan sebuah bus.
berbagai bus dengan
bentuk bodi terbaru yang terinspirasi deri desain bus di mancanegara, bodi
keseluruhan bus dibuat oleh perusahaan karoseri Indonesia. Dengan berbagai
teknologi yang diterapkan maka diharapkan perkembangan industri bus di
Indonesia mampu besaing dengan yang ada di negara lain, yang pada dasarnya
bertujuan untuk kepentingan para penumpangnya.
0 komentar:
Posting Komentar